Jumat, 24 April 2020

Tiger 2020

Jakarta – Siapa yang tidak tahu Honda Tiger? Yap, generasi 90-an pasti kenal dengan motor ini. Pada zamannya, Honda Tiger banyak digemari oleh para pecinta otomotif Tanah Air karena tidak hanya mewakili sosok moge, tetapi juga memiliki kapasitas mesin cukup besar. Motor ini pertama kali muncul pada 1993 dengan nama Honda Tiger 2000.
Sebagai informasi, Honda Tiger 2000 termasuk GL-Series dengan basis mesin CB yang di-bore up. Dari segi harga, motor ini paling mahal diantara motor lainnya karena menduduki kasta tertinggi dalam lini motor Honda.
Namun pada 2013 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) telah menghentikan penjualan Honda Tiger. Banyak konsumen merasa kecewa dengan kabar tersebut sehingga mereka membuat petisi meminta AHM untuk kembali memproduksi motor macan ini.
Bagi Carmudian yang ingin mengetahui motor ini secara lebih detail, Carmudi telah merangkum spesifikasi Honda Tiger 2000 secara rinci dan lengkap sebagai berikut.

Mesin

Honda Tiger 2000 terdiri dari dua varian, yaitu Tiger 2000 Super Cruiser dan New Super Cruiser. Kedua varian tersebut tidak memiliki perbedaan mesin. Mendapatkan penyegaran pada tahun 2003 dan 2006 lalu, mesin yang dibenamkan pada motor ini sama sekali tidak diubah.
Mesin motor keluaran Honda ini memiliki karakter yang sama dengan pendahulunya, Overbore; Bore x Stroke 63,5 x 62,2 mm. Untuk transmisinya, berjumlah 6 dengan konfigurasi 1-N-2-3-4-5-6.
Dengan dibekali mesin berteknologi OHC berkapasitas 196,9 cc, Honda Tiger 2000 dapat mengeluarkan tenaga maksimal 17 Ps pada 8.500 Rpm. Sedangkan, torsi maksimalnya sebesar 1,6 kgf.m pada 7.000 Rpm. Untuk menyalakan motor ini, pihak AHM sudah menyematkan sebuah fitur baru untuk generasi Honda GL, elektrik starter.

Rangka dan Kaki-Kaki

Untuk rangka, Honda Tiger 2000 mengandalkan rangka pola berlian. Rangka tersebut sepertinya telah menjadi ciri khas keluarga GL Series.
Sedangkan pada kaki-kaki, motor ini sudah mengadopsi kaki-kaki yang jangkung dengan roda berukuran 18 inci. Di bagian pengeremannya sendiri, telah menggunakan cakram pada rem bagian depan dan tromol pada rem bagian belakang.

Desain

Honda Tiger 2000 Super Cruiser (SC)

Varian ini merupakan generasi pertama dari Honda Tiger yang memiliki desain lebih elegan dibandingkan dengan Honda GL lainnya. Honda Tiger 2000 SC memiliki desain berlekuk-lekuk yang aerodinamis serta elegan. Selain itu, motor ini merupakan motor termahal produksi AHM saat itu. Jadi, tidak heran jika Honda Tiger 2000 SC menjadi simbol kemapanan seseorang di masanya.
Pada bagian depan, Tiger 2000 SC disematkan headlamp berbentuk bulat dengan reflektor multilensa. Tidak hanya itu, Tachometer dan speedometernya juga berbentuk bulat, mengikuti desain lampu depan.
Sedangkan di bagian bodi, terdapat shroud atau tameng angin pada tangki bahan bakarnya. Secara keseluruhan, desain bodi motor ini konsisten dengan lekukan neo-klasiknya.
Untuk bagian belakang, Honda Tiger 2000 SC memiliki behel yang terpisah atau disebut handle bar di antara bagian kiri dan kanan. Sedangkan, stoplamp atau lampu remnya masih menggunakan satu lampu.
Ciri khas dari Honda Tiger varian ini adalah lampu utama dan belakangnya masih menggunakan satu bohlam, serta lampu utamanya sendiri menggunakan reflektor multilensa.

Honda Tiger 2000 New Super Cruiser (NSC)

Sejatinya, Honda Tiger varian ini tidak megalami perubahan yang signifikan. Hanya varian baru yang dikenalkan, yaitu Honda Tiger 2000 NSC dengan velg jari-jari dan beberapa pilihan warna baru.
Fitur-fiturnya pun juga mendapatkan penyegaran seperti reflektor headlamp yang diganti dengan diamond cut dan handle bar yang kini dibuat menyatu.
Ciri khas pada Tiger 2000 NSC ini adalah menggunakan dua bohlam yang dipasang secara horizontal pada lampu utama dan belakangnya. Lampu utamanya telah menggunakan reflektor diamond cut.

Spesifikasi Honda Tiger 2000

Mesin
TipeOHC, 4 Tak
Volume Dapur Pacu196,9 cc
Sistem PendinginUdara
Bore x Stroke63,5 x 62,2 mm
Transmisi6 Percepatan, 1-N-2-3-4-5-6
Rasio Kompresi9,0 : 1
Power Maksimum17 PS / 8.500 RPM
Torsi Maksimum1.6 kgf.m / 7.000 RPM
KoplingManual, Multiplate Wet Clutch
Kapasitas Oli1 liter

Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi2.029 x 747 x 1.124 mm
Jarak sumbu roda1.327 mm
Jarak terendah ke tanah155 mm
Berat kosong123 kg (Tiger 2000 SC)
138 kg (Tiger 2000 NSC)
Kapasitas tangki bahan bakar13,2 liter

Rangka
TipePola Berlian
Kaki-Kaki
Suspensi depanTeleskopik
Suspensi belakangSwing Arm, Double Shockbreaker
Ban depan2.75 – 18 42P
Ban belakang100/90 – 18 M/C 56P
Rem depanCakram hidrolik, double piston
Rem belakangTromol (Tiger 2000 SC)
Cakram hidrolik, single piston (Tiger 2000 NSC)

Kelebihan dan Kekurangan Honda Tiger 2000

Honda Tiger 2000
Carmudi akan membahas terlebih dulu beberapa kelebihan yang dimiliki motor macan ini. Kelebihan yang paling terasa adalah bagian mesinnya. Dengan dibekali mesin 4 Tak OHC satu silinder yang memiliki kapasitas sebesar 196,9 cc, Honda Tiger 2000 dapat mengeluarkan tenaga yang sangat besar.
Ditambah, dengan menggunakan transmisi manual 6 percepatan, motor tersebut dapat bermanuver dengan lebih lancar. Motor besutan Honda ini memang cocok dipakai oleh Carmudian yang menyukai motor dengan kecepatan tinggi.
Kelebihan lainnya adalah desain bodinya yang sudah dirancang dengan konsep desain cukup sporty. Selain itu, motor ini sudah menggunakan lampu utama berbentuk bundar serta bodi belakang yang dibuat sedikit menukik ke atas sehingga tampilan Honda Tiger 2000 semakin terlihat sporty.
Di sisi lain, motor ini sudah dilengkapi striping pada bagian bodi dan tangki. Untuk varian New Super Cruiser, striping pada tangki sudah diganti dengan emblem.
Selain memiliki kelebihan, pastinya motor ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangannya antara lain sistem bahan bakar pada motor tersebut masih menggunakan jenis karburator. Sehingga, konsumsi bahan bakarnya jauh lebih boros dibandingkan dengan motor-motor keluaran terbaru lainnya yang sudah menggunakan sistem suplai bahan bakar injeksi.
Kekurangan lainnya pada Tiger 2000 adalah bagian tangki bahan bakarnya. Tangki bahan bakar yang digunakan terlalu tipis, serta penutup bahan bakarnya juga rawan bocor. Sehingga, air bisa masuk ke dalam tangki bahan bakarnya.
Kekurangan ketiga adalah bagian rantainya, dimana rantai motor ini dinilai sangat berisik. Rantai ini hampir sama dengan tipe rantai motor Satria FU yang memiliki kendala pada suara rantainya. Oleh karena itu, para pengguna motor ini akan merasa terganggu dengan suara yang dihasilkan rantai motornya saat berkendara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar