Jumat, 24 April 2020

mitshubisi pajero 2014

Review Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Gen 1
Untuk merebut dominasi Toyota Fortuner di segmen Ladder Frame Medium SUV, Mitsubishi meluncurkan Pajero Sport di tahun 2009. Mitsubishi Pajero Sport merupakan versi yang lebih kecil dan lebih murah dari Mitsubishi Pajero yang sayangnya tidak dipasarkan di Indonesia. Di tahun 2011, versi Dakar turut diluncurkan sebagai varian Mitsubishi Pajero Sport dengan teknologi VGT yang mampu memompa tenaganya hingga 178 PS, jauh lebih besar dibandingkan rival terdekatnya, Toyota Fortuner, bahkan tipe VNT sekalipun. Tranmsisinya juga lebih canggih dan modern dibandingkan varian GLX, GLS, dan Exceed.
Di tahun 2013, Mitsubishi Pajero Sport mengalami minor facelift untuk bagian eksterior dan interiornya yang tidak terlalu signifikan. Untuk mesin, transmisi dan suspensinya masih sama dengan versi prefacelift. Sebenarnya, Pajero Sport ini adalah generasi kedua, namun lebih dikenal sebagai generasi pertama untuk pasar Indonesia.
Di segmen ini, Mitsubishi Pajero Sport berkompetisi dengan para SUV ladder frame kelas menengah seperti Toyota Fortuner, Ford Everest, Chevrolet Trailbalzer, Isuzu MU-X, dan Nissan Tera. Mitsubishi Pajero Sport menguasai pasar ini sebagai runner up setelah Toyota Fortuner.
Eksterior Mitsubishi Pajero Sport Gen 1
Layaknya, Toyota Fortuner, Mitusbishi Pajero Sport juga memberikan kesan gagah dan berwibawa bagi pemiliknya. Namun, terdapat perbedaan bahasa desain antara keduanya. Mitsubishi Pajero Sport berbentuk lebih membulat dan cukup unik untuk sebuah SUV ladder frame. Untuk desain kembali ke selera masing-masing individu, namun tak salah jika dikatakan desain Mitsubishi Pajero Sport ini apik dan gagah.
Dengan sasis ladder frame, tidak heran jika Mitsubishi Pajero Sport terlihat tinggi. Ground clearance setinggi 215 mm cukup fleksibel untuk melibas jalanan rusak atau offroad. Varian Dakar dan Exceed dibekali dengan velg 17 inchi dengan ban berukuran 265/65 R17, sedangkan untuk GLS dan GLX hanya dibekali dengan velg 16 inchi dan ban berukuran 265/70 R16.
Review Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Gen 1
Lampu depan sudah mengadopsi model projector dengan lampu dekat dan jauh yang terpisah. Sayangnya, lampu yang digunakan masih halogen biasa untuk varian selain Dakar. Tipe Dakar sudah menggunakan lampu HID dan dilengkapi dengan headlamp washer yang mengingatkan kita pada Nissan X-Trail.
Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari Mitsubishi Pajero Sport ini selain kesan gagah dan berwibawa (dan headlamp wahser tentunya). Disamping velg dan ban yang relatif kecil untuk bodynya, tidak ada aksesoris-aksesoris eksterior yang wah dari SUV ini. Ukuran velg dan ban ini menyisakan banyak ruang fender yang membuatnya kurang terlihat serasi. Exhaust muffler hanya satu buah, namun masih wajar untuk kelasnya di jamannya, dimana  kompetitornya juga sama.
DIMENSI DAN EKSTERIOR
Panjang: 4695 mm
Lebar: 1815 mm
Tinggi: 1840 mm
Wheelbase: 2800 mm
Front Tread: 1520 mm
Rear Tread: 1515 mm
Ground Clearance: 215 mm
Curb Weight: 1915-2055 kg
Velg: 16" Alloy Wheel(GLX/GLX), 17" Alloy Wheel (Exceed/Dakar)
Ban: 265/70 R16 (GLX/GLS), 265/65 R17 (Exceed/Dakar)
Interior dan Fitur Mitsubishi Pajero Sport Gen 1
Dibandingkan dengan Toyota Fortuner yang terkesan membosankan, Mitsubishi Pajero Sport relatif lebih baik dari sisi desain interior. Dashboard nya berwarna hitam dengan tamban aksen silver di beberapa bagian. Jok kulit berwarna beige untuk tipe Exceed dan hitam untuk tipe Dakar.
Yang unik dari Mitsubishi Pajero Sport adalah letak head unit dan MID nya. Head unit berada di bawah tombol pengaturan AC, sedangkan MID malah diletakkan di atas, namun posisinya dirubah pada versi facelift, head unit dipindah ke bagian atas center cluster dashboard layaknya mobil pada umumnya. Instrument meter Mitsubishi Pajero Sport terlihat biasa saja, tidak lebih baik dari Toyota Fortuner yang simpel dan sederhana. Pengaturan AC sudah elektronik namun diatur secara analog. Untuk varian Dakar, terdapat paddle shift di bagian kemudi dan sunroof di bagian atap. Selain itu, headlamp washer juga khusus disediakan untuk tipe Dakar.
Review Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Gen 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar